Jago Ngetik? Tes Kecepatan Jari-mu di 10FastFingers.com

Photo by RODNAE Productions from Pexels

Memiliki kemampuan mengetik dengan kecepatan dan durasi waktu maksimal merupakan hal paling dasar untuk beberapa profesi. Jika kamu ingin bekerja sebagai sekretaris misalnya; entah di perusahaan atau organisasi tertentu, maka kemampuan ini wajib untuk dimiliki. Mengetik di atas keyboard komputer tentu sangat berbeda dengan mengetik pada layar smartphone. Teknik dasarnya, mengetik di atas layar smartphone hanya membutuhkan dua jari jempol; jauh berbeda dengan mengetik di atas keyboard komputer yang membutuhkan semua jari untuk bergerak.

Teknik paling umum yang banyak dikenal orang adalah mengetik dengan 10 jari. Teknik yang satu ini sudah menjadi andalan karena efisiensi dan akurasi yang memuaskan. Caranya adalah dengan menempatkan jempol, telunjuk, jari tengah, jari manis serta kelingking pada posisi tetap – pada masing-masing area tertentu.

Baca Juga | Cara Seru untuk Berlatih Mengetik 10 Jari dengan Rekomendasi Aplikasi Terbaik

Mengetik 10 jari hanya sebuah teknik, dan tak menutup kemungkinan seseorang dapat mengetik lebih cepat lagi walau tanpa menggunakan teknik tersebut. Ada dua hal yang menjadi tolak ukur dalam mengetik; yaitu CPM dan WPM. CPM (characters per minute) adalah jumlah karakter benar yang diketik dalam satu menit; sedangkan WPM (words per minute) adalah jumlah kata benar yang diketik dalam satu menit. Rata-rata, berbagai instansi perusahaan atau organisasi yang hendak merekrut seorang pekerja pada bidang mengetik ini mematok 60-75 WPM sebagai syarat utama.

Nah, bagaimana cara mengukur kecepatan jari kita dalam mengetik? Haloparagraf punya satu rekomendasi situs terbaik untuk melatih dan menguji kecepatan jari kita dalam mengetik, simak artikel berikut!

10FastFingers.com

Tampilan homepage
  1. Kunjungi website 10FastFingers di sini

Saat sampai di halaman utama dari website, kamu akan melihat beberapa pilihan menu utama seperti Typing Test, Advanced Tes dan lain-lain. Agar tidak bingung, langsung klik tombol Start Typing Test berwarna hijau untuk menuju ke halaman tes. Jika tampilan dari website berbahasa Inggris atau lain-lain, ubah terlebih dahulu dari dua menu berikut; Language (di bawah logo website) adalah bahasa tampilan dari website itu sendiri; kemudian English (nama bahasa di samping tombol masuk) adalah bahasa dari tes yang akan dijalani.

Tampilan halaman tes mengetik di 10FastFingers
  1. Memulai Tes

Setelah sukses mengganti bahasa, kamu bisa langsung menguji seberapa cepat kemampuan jarimu dalam mengetik. Cara memulainya adalah langsung mengetik kata demi kata di kotak yang telah tersedia. Kamu punya waktu 60 detik (dalam hitungan mundur) untuk mengetik secara cepat dan tepat setiap karakter dan kata pada bidang kata di atas. Karakter pertama yang masuk adalah tanda mulai tes.

  1. Hasil dan Penilaian

Sistem penilaiannya seperti ini; setiap kata akan diberi tanda (transparent highlight) yang menunjukkan bahwa kata tersebut lah yang harus diketik. Jika satu karakter pada suatu kata salah, maka kata tersebut akan mendapat tanda (highlight) berwarna merah. Hal ini bisa diperbaiki dengan menghapus (backspace) karakter tadi dan mengulangi karakter yang salah (namun, perlu diperhatikan juga bahwa waktu yang berjalan juga menjadi kriteria penilaian). Jika tidak yakin dengan kata tersebut, kamu bisa langsung lanjut ke kata berikutnya.

Saat waktu habis, halaman tes secara otomatis akan ter-refresh untuk menghitung hasil. Beberapa saat berikutnya, hasil tes kecepatan mengetik akan muncul dan bisa kamu simpan (sebagai screenshot, link, kode html atau membagikannya langsung ke Facebook. Hasil dari tes di website ini terkadang juga dijadikan media tes beberapa perusahaan untuk para calon karyawannya. Jadi usahakan simpan link dan bukti screenshot sebaik mungkin.

Hasil tes mengetik di 10FastFingers oleh Haloparagraf

Catatan

Jadi, berapa kecepatan mengetik kamu saat ini? Teruslah berlatih dan mencoba untuk mendapat skor tertinggi dengan tes gratis dari 10FastFingers. Memiliki kemampuan mengetik cepat dan tepat tentu akan berpengaruh pada efisiensi waktu dan tenaga. Tak harus menunggu menjadi seorang sekretaris untuk kemudian berlatih keras, mulai dari sekarang kamu bisa mencoba dan terus mencoba untuk mendukung hard skill lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas
error: Tindakan copy-paste tidak diizinkan!