Kategori: Jejak

Rubrik Jejak merupakan rubrik khusus bagi para penulis di Haloparagraf. Rubrik ini berisi tentang cerita atau pengalaman pribadi sang penulis dalam perjalanan karir atau pendidikannya. Melalui rubrik ini, diharapkan secercah motivasi dan pandangan baru untuk terus bersemangat mengasah potensi akan selalu teringat. Menuju pribadi yang lebih baik; pribadi yang lebih hebat; dan pribadi yang lebih bermanfaat.

 

Semangat dan selamat membaca!

Membicarakan Problematika Pendidikan Negeri bersama Generasi Hebat PBI 2023

Jika terus-terusan hanya bisa mengeluh perihal ini dan itu, mungkin jalan yang akan kita temui tetap akan buntu. Jika kemudian berharap banyak pada keajaiban dari kekuatan super hero semacam itu, mungkin harapan yang kita inginkan hanya berhenti pada sebuah imajinasi. Karena pada akhirnya, keajaiban yang mungkin kita nanti-nantikan atau kita harapkan itu ternyata adalah kita sendiri; sebagai mahasiswa, sebagai generasi hebat penerus dan pembaharu peradaban bangsa.

Maret—Juni yang Mengesankan: Kilas Balik Sebuah Perjalanan

Rangkaian paragraf ini saya tulis setelah satu bulan usai dengan proses seleksi pada ajang Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2023. Ada beberapa catatan di setiap ujung cerita pada bab bulan yang berbeda; barangkali catatan-catatan tersebut bermanfaat untuk sekedar diingat, sekedar dimengerti, atau sewajarnya disimpan sebagai bekal perjalanan kita di kemudian hari.

Mematahkan Stereotip Buruk, Menebar Asa dan Semangat untuk Generasi Penerus

November 2022 yang lalu, saya mendapatkan kepercayaan untuk menjadi salah-satu pembicara dalam rangkaian acara akbar – English Week 2022 – di Pondok Pesantren Riyadhul Huda, Bogor.
Di hadapan kurang-lebih 300 santri dan santriwati ini, saya sedikir-banyak mengaitkan sejarah The Golden Age of Islam pada masa pemerintahan Dinasti Abbasiyah dengan kemampuan berbahasa Inggris pada zaman ini.
Saya meyakinkan mereka bahwa mampu berbahasa Inggris merupakan sebuah privilege bagi seorang santri.

Kembali ke atas
error: Tindakan menyalin dan menggunting (copy-paste) tidak diizinkan!