Tiga Situs Keren Ini bakal Buat Gerak Kamu Jadi Lebih Fleksibel!

Gambar oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Sebagian besar masyarakat Indonesia saat ini tentu dapat merasakan perkembangan teknologi yang begitu cepat; utamanya di kalangan para pelajar dari tingkat menengah, atas, hingga perguruan tinggi. Beragam layanan gratis untuk menunjang kebutuhan harian pun hampir semuanya ada; dan mayoritasnya tersedia secara daring. Sebut saja seperti toko belanja, layanan transportasi, hingga jasa pemesanan tiket semuanya tersedia dalam jaringan. Awal tahun 2024 ini, resolusi untuk lebih jauh mengenal tentang dunia digital seharusnya masuk dalam daftar hal-hal yang harus ‘saya lakukan’.

Tahun 2023 yang lalu, perbincangan masyarakat tanah air sempat ramai tentang perkembangan kecerdasan buatan (AI). Sebut saja ChatGPT, MidJourney, Adobe Firefly, serta masih banyak lagi yang digadang-gadang mampu meringkas waktu kerja menjadi jauh lebih efisien. Beberapa orang bahkan menyebut bahwa ketiga AI tersebut beserta kecerdasan buatan yang mirip lainnya bisa menjadi awal dari kenyataan bahwa robot memang dapat menggantikan manusia sepenuhnya pada masa yang akan datang. Meski terbilang ramai, beberapa situs dengan model implementasi AI yang sangat berguna mungkin tak banyak orang ketahui. Untuk kamu yang sedang menempuh pendidikan, berikut tiga situs keren yang mungkin manfaatnya jauh lebih besar dari apa yang kamu bayangkan sebelumnya.

QuillBot: Satu Laman dengan Delapan Fitur Sekaligus

Tampilan awal dari halaman QuillBot
Sumber gambar: quillbot.com

Saat sedang melakukan penelitian dan/atau sesederhana membuat terjemahan pada bab abstrak, beberapa di antara kita mungkin melakukan skema seperti berikut:

  1. Langkah pertama, saat ingin menerjemahkan suatu paragraf, kita akan pergi menuju situs Google Translate atau situs penerjemah lainnya.
  2. Kemudian kita melanjutkan perjalanan menuju situs Rewordify atau situs sejenis untuk melakukan parafrasa kalimat atau paragraf.
  3. Langkah berlanjut menuju situs Grammarly untuk mengecek keakuratan penulisan berdasarkan aturan gramatikal bahasa Inggris.
  4. Terakhir, situs Mendeley Online atau semacamnya akan menjadi garis selesai guna membuat sitasi atau menuliskan referensi yang sesuai dengan aturan.

Tapi, tahu nggak sih kalau ternyata keempat hal tersebut dapat kamu lakukan dalam satu tempat? Benar sekali, QuillBot menawarkan empat fitur di atas + empat fitur menarik lainnya. Cukup akses tautannya di sini dan kamu bisa mendapatkan delapan manfaat sekaligus untuk meringkas waktu kerja atau tugas jadi lebih efisien. Delapan fitur tersebut adalah:

  1. Paraphrase: gunakan fitur ini untuk menyusun ulang kalimat atau paragraf panjang sehingga meminimalisir terdeteksinya plagiat. Tersedia dalam 23 bahasa termasuk bahasa Indonesia.
  2. Summarizer: Punya teks panjang dan ingin mengambil inti sarinya dengan cepat? Gunakan fitur ini! (hanya tersedia dalam bahasa Inggris)
  3. Translator: Terjemahkan kata, kalimat, atau paragraf panjang kamu ke dalam 34 bahasa berbeda (termasuk bahasa Indonesia)
  4. Citation Manager: Pernah bingung ketentuan yang paling benar untuk menuliskan sitasi atau referensi pada tulisan? Di sini kamu bisa membuat sitasi khusus dari buku, jurnal, hingga situs internet dengan cukup menginput beberapa data. Terdiri dari beragam gaya sitasi atau referensi populer (hanya tersedia dalam bahasa Inggris)
  5. QuillBot Flow: Fitur pamungkas yang bisa buat kamu lakukan semuanya dalam satu bidang dokumen (mirip seperti Google Docs)
  6. Grammar Checker: Tersedia dalam empat bahasa (bahasa Inggris, bahasa German, bahasa Spanyol, dan bahasa Prancis) untuk menganalisis kesalahan pada gramatikal penulisan.
  7. Plagiarism Checker: Cek berapa persen kemiripan tulisan yang kamu buat dengan beragam sumber yang ada. (hanya tersedia untuk akun premium/langganan)
  8. Apps & Extensions: Ternyata, tujuh fitur QuillBot ini juga bisa kamu integrasikan langsung dengan Google Chrome, Microsoft Edge, Word, dan macOS.

Meski terbilang sangat lengkap dan gratis, namun QuillBot juga telah menyediakan pilihan berlangganan bagi para penggunanya untuk menjadi member premium. Selain tidak ada lagi batas jumlah kata dalam fitur Paraphrase, member premium juga akan mendapatkan 11 keuntungan eksklusif lainnya. Tertarik untuk mencoba? Kunjungi tautan berikut untuk mengetahui informasi lebih lanjut!

ChatPDF: Temukan Hal Spesifik dalam Dokumen PDF Bermodal Percakapan

Tampilan dari halaman beranda di ChatPDF
Sumber gambar: chatpdf.com

Saat ingin menemukan hal spesifik dalam dokumen, hal yang harus pertama kita lakukan adalah membaca dengan menggunakan teknik seperti skim atau scan. Selain melatih konsentrasi dan penalaran, membaca adalah hal umum yang paling sering digaungkan oleh para akademisi. Hanya saja, pada beberapa kesempatan kita mungkin memerlukan waktu yang jauh lebih cepat untuk mendapatkan hal-hal spesifik; terutama saat berhadapan dengan sebuah tulisan panjang.

Nah, untuk itulah ChatPDF hadir sebagai sebuah solusi. Di ChatPDF, kamu hanya perlu mengunggah dokumen yang kamu mau. Tunggu proses unggahan selesai. Kemudian tampilan percakapan muncul. ChatPDF dengan basis kemampuan AI-nya akan menjawab setiap pertanyaan yang kamu ajukan atau perintah yang kamu ajukan sesuai dengan isi yang ada dalam dokumen yang terunggah sebelumnya. Uniknya, setiap jawaban dari pertanyaan yang kamu ajukan, ChatPDF akan menunjukkan pada bagian mana dalam dokumen tersebut jawaban itu diambil.

ChatPDF gratis digunakan bahkan tanpa harus masuk dengan akun. Jika ingin, kamu dapat mendaftarkan surel untuk menyimpan histori dari percakapan-percakapan yang sudah dilakukan. ChatPDF juga menyediakan pilihan peningkatan fitur plus di mana para pelanggannya akan mendapatkan lima keuntungan sekaligus; unlimited pdf, unlimited questions, 2,000 pages/PDF, 50 PDF/folder, dan 32 megabyte ukuran/PDF.

Mulfu.co: Terobosan Baru untuk Cek Skor Plagiarisme Turnitin 24 Jam

Tampilan awal dari situs Mulfu.co
Sumber gambar: mulfu.co

Apapun program studinya, para mahasiswa pasti tidak asing lagi dengan layanan yang satu ini. Beroperasi sejak tahun 1998 (Turnitin), Turnitin bahkan telah memiliki 500 juta pangkalan data pada tujuh tahun operasional pertamanya (International Journal Labs). Turnitin, pada umumnya akan menjadi situs web atau layanan terakhir sebelum tugas penelitian para mahasiswa dinyatakan tuntas atau paling tidak dikumpulkan untuk mendapatkan penilaian. Penelitian seperti makalah, artikel, jurnal, hingga skripsi/tesis/disertasi adalah beberapa contoh tugas kuliah yang biasanya memerlukan Turnitin untuk mengecek status orisinalnya.

Kredibilitas dari Turnitin yang telah terbukti selama puluhan tahun membuat perangkat lunak yang satu ini telah dikenal secara global. Tentu saja, untuk menggunakannya pun membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karenanya, pelajar atau mahasiswa di Indonesia biasanya menggunakan jasa cek plagiat kepada mereka yang memiliki akun orisinal. Hal ini berangkat dari kebutuhan kepada Turnitin itu sendiri yang situasional. Akhirnya, para penyedia jasa sekali cek pun bertebaran di toko-toko daring di Indonesia.

Masalahnya, pernah kah kamu memerlukan jasa ini di detik-detik batas akhir pengumpulan tugas? Pada pukul 23.55 misalnya; sementara para penyedia jasa kadang sudah menutup layanannya hingga pukul 22.00 WIB. Tapi masalah ini sekarang sepertinya akan tuntas dengan hadirnya MULFUBOT di mulfu.co.

Yap, di mulfu.co, kamu bisa cek skor plagiasi dokumen yang kamu miliki cukup dengan beberapa langkah mudah berikut:

  1. Unggah dokumen (bisa dengan klik tombol yang tersedia dan cari dokumen di dalam komputer/laptop atau dengan menyeret dokumen langsung ke halaman situs)
  2. Masukkan nomor aktif WhatsApp untuk verifikasi pesanan (nomor WhatsApp ini juga akan menjadi akun sementara kamu untuk mencari hasil cek plagiasi di waktu lain jika tab atau peramban yang kamu gunakan saat itu mengalami galat atau semacamnya)
  3. Masukkan judul (bisa judul tulisan atau dokumen; sesuaikan dengan kebutuhan) di menu filter
  4. Centang kotak Exclude Bibliography atau Exclude Quotes jika kamu ingin melewati proses cek plagiat pada dua bagian tersebut
  5. Konfirmasi dan lakukan pembayaran menggunakan QRIS (harga promosi selama Januari 2024: Rp. 1.000,- | harga normal: Rp. 2.000,- per proses cek)
  6. Jika proses pembayaran sudah ter-verifikasi dan sukses, kamu akan otomatis kembali ke halaman awal untuk mengunduh hasil cek plagiasi Turnitin
  7. Perhatikan status dokumen (processing: dokumen masih dalam proses | success: dokumen selesai)
  8. Saat proses selesai, kamu langsung bisa mengunduh hasil cek plagiasi dari Turnitin di laman yang sama
  9. Sebagai tambahan, setelah mengunduh hasil cek plagiasi, kamu dapat memilih untuk menghapus dokumen tersebut dari pangkalan data Mulfu.co. Jika tidak, maka dokumen akan secara otomatis terhapus dalam jangka waktu tiga jam sejak proses cek selesai.

Semudah dan sesederhana itu. Mulfu.co adalah solusi paling praktis untuk kamu yang memiliki tugas dan harus menyelesaikan proses cek plagiasi Turnitin di ambang batas waktu pengerjaan. Dengan kemampuan otomatis ini, kamu tidak perlu lagi khawatir akan kehilangan para penyedia jasa cek Turnitin karena sudah terlalu larut.


Sejatinya, masih banyak produk digital yang berbasis website, aplikasi, kecerdasan buatan, bot percakapan, dan lain-lain yang bisa kamu manfaatkan untuk menunjang aktivitas harian. Hanya saja, pemanfaatannya juga harus selalu diimbangi dengan kesadaran bahwa kehadiran mereka adalah sebatas untuk membantu; bukan untuk menggantikan. Melek digital itu harus, kontrol diri untuk pemanfaatannya itu wajib. Be smart user!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas
error: Tindakan menyalin dan menggunting (copy-paste) tidak diizinkan!